Pelapisan Sosial dan Persamaan derajat

Pelapisan Sosial dan Persamaan derajat adalah 2 hal yang yang saling bersingungan atau berbalik.

dimana Pelapisan Sosial atau lazim di sebut dengan stratifikasi sosial menjelaskan bahwa ada susunan di dalam kehidupan sosial manusia yang membuat manusia satu dengan manusia lainnya berada pada satu taraf atau level tertentu, sehingga terciptalah jenjang -  jenjang atau tingkatan status sosial. Dari yang tinggi ke rendah, dibedakan dari berbagai segi. contoh nya dari segi pendidikan, ekonomi dan masih banyak lagi.

dan Persamaan derajat atau lazim di sebut emansipasi, menjelaskan bahwa tidak ada perbedaan level atau status dari satu manusia dengan manusia lainnya.  persamaan derajat sangat mengecam yang namanya perbedaan, karena mereka berpikir pada dasarnya manusia sama.

-------------------------------------------------------------------
berikut definisi dari pelapisan sosial dan persamaan derajat
-------------------------------------------------------------------

Definisi sistematik antara lain dikemukakan oleh Pitirim A. Sorokin bahwa pelapisan sosial merupakan pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat (hierarkis). Perwujudannya adalah adanya lapisan-lapisan di dalam masyarakat, ada lapisan yang tinggi dan ada lapisan-lapisan di bawahnya. Setiap lapisan tersebut disebut strata sosial. P.J. Bouman menggunakan istilah tingkatan atau dalam bahasa belanda disebut stand, yaitu golongan manusia yang ditandai dengan suatu cara hidup dalam kesadaran akan beberapa hak istimewa tertentu dan menurut gengsi kemasyarakatan. Istilah stand juga dipakai oleh Max Weber.



SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post