Game Online dan Masyarakat Indonesia - Tugas Bahasa Indonesia


ARTIKEL
CAROLUS MS JOSEPH
11110521
3KA22
Tugas : Bahasa Indonesia 1 (softskill)
Dosen : TRI WAHYU RETNO NINGSIH, SS





Game online dan Masyarakat Indonesia

Permainan komputer atau lebih akrab disebut GAME oleh masyarakat Indonesia adalah sebuah permain video (video game) yang membutuhkan platform berupa komputer untuk memainkan permainan tersebut. Banyak sekali jenis atau genre dalam permainan video game, kali ini saya akan mengutip jenis video game yang dibagi menjadi 7 jenis  dari blog dreadmoney, yaitu :


1)
Action


Sebuah game action membutuhkan pemain dengan kecepatan reflex, akurasi, dan ketepatan waktu untuk menghadapi sebuah rintangan. Ini adalah dasar dari kebanyakan sebuah jenis game, dan salah satu yang dibutuhkan oleh pemain. Game action biasanya mempunyai gameplay yang berhubungan dengan pertarungan. Banyak sekali sub jenis dari game action, contohnya fighting games dan first-person shooters.

2)
Hack and Slash


Game Beat 'em up dan hack and slash mempunyai ciri pertarungan jarak dekat antara satu dengan banyak musuh. Jenis game ini menjadi populer pada tahun 1987 dengan di rilisnya Double Dragon, yang disusul oleh banyak game yang mirip dengan game tersebut.

3)
Fighting Game


Game fighting biasanya mempunyai ciri pertarungan satu lawan satu antara dua karakter, yang dimana salah satu dari karakter di kendalikan oleh komputer. Salah satu contoh game fighting adalah Street Fighter II.

4)
Maze Game


Game Maze biasanya mempunyai tempat bermain yang berisikan maze atau teka-teki, yang dimana pemain harus menggerakan/menavigasikan. Salah satu game maze yang paling terkenal adalah Pac-Man.

5)
First-Person Shooter


Game First-Person Shooter, yang biasanya dikenal dengan sebutan FPS menekankan pemotretan dan tempur dari perspektif karakter yang dikendalikan oleh pemain. Perspektif ini dimaksudkan untuk memberikan pemain perasaan "berada di sana", dan memungkinkan pemain untuk fokus pada bidikan. Contoh game seperti ini antara lain Team Fortress, Halo, Killzone, Metroid Prime, Unreal Tournament, Call of Duty, TimeSplitters, masih banyak lagi.

6)
MMOFPS


Game massively multiplayer online first person shooter (MMOFPS) adalah jenis dari game massively multiplayer online yang menggabungkan game first person shooter dengan dunia maya di mana sejumlah besar pemain dapat berinteraksi melalui internet. Sedangkan game FPS standar membatasi jumlah pemain untuk mampu bermain dalam pertandingan multiplayer. ratusan pemain dapat bertempur satu sama lain pada server yang sama dalam sebuah MMOFPS.

7)
Action-Adventure


Game action-adventure menggabungkan unsur-unsur jenis komponen antara game action dan game adventure, biasanya menampilkan rintangan yang berjangka panjang yang harus diatasi menggunakan alat atau item sebagai alat bantu dalam mengatasi rintangan, serta rintangan yang lebih kecil yang hampir terus-menerus ada. Game action-adventure pertama adalah game Adventure (1979) dari Atari 2600.


http://vandredi-blog.blogspot.com/2012/07/jenis-jenis-game.html

                Jenis-jenis game di atas banyak sekali yang sudah beralih dari offline gaming menjadi online gaming. Online gaming atau Game online adalah game yang membutuhkan koneksi internet untuk menjalankan kinerja game tersebut.  Bagaimanakah perkembangan game online di masyarakat luas ? hal ini akan kita bahas di paragraf selanjutnya.
                Di paragraf ini saya akan membahas tentang perkembangan game online di masyarakat dunia dan khususnya di Indonesia. Bagi kalian semua yang membaca artikel ini pasti sudah tidak lazim lagi tentang apa sih itu game online ? bagaimana cara memainkannya ? atau di mana kita bisa mendapatkan game online tersebut, oleh karena itu saya tidak akan membahas tentang hal-hal tersebut tapi saya akan membahas dengan perkembangan bagaimana hingga bisa masuk ke Indonesia. Berawal dari tahun 1950-an di Amerika berkembang hingga ke Jepang dan Eropa hingga pada tahun 1971 munculah perusahaan komersial pertama yang mengembangkan konsol permainan video game yaitu Computer Space. Di sinilah awal mula berkembangnya perusahaan-perusahaan video game hingga akhirnya tinggal beberapa perusahaan-perusahaan saja yang bertahan seperti Sony, Microsoft dan berapa lainnya yang sudah akrab terdengar di telinga masyarakat Indonesia.
                Dari video game yang hanya bisa digunakan secara pribadi atau bisa digunakan 2-4 orang saja secara bersamaan, mulailah bermunculan ide-ide bagaimana caranya untuk memainkan video game bersamaan untuk lebih dari satu orang dengan tempat yang berbeda. Dari masalah yang muncul inilah berkembang Game Online, di mana kita dapat memainkan sebuah game yang dapat dimainkan secara bersama lebih dari satu orang dengan tempat yang berbeda dengan bantuan koneksi internet. Karena banyaknya peminat dari berbagai kalangan di Indonesia maka hukum permintaan dalam ekonomi pun berlaku banyak perusahaan-perusahaan pengembang game bermunculan di Indonesia. Mulai dari perusahaan rumahan (software house) sampai ke tingkat perusahan besar seperti PlayOn, IndoGamers, LYTO, Gemscool dan lain-lain mulai berkompetisi merebut hati para pecinta game (gamers) tanah air.
                Pasar game online di Indonesia membidik berbagai kalangan umur, dari dewasa hingga anak-anak. Banyak khalayak yang berpikir kalau game hanya disukai anak-anak, namun pendapat ini salah. Tanpa disadari game mulai memasuki hati para gamers dewasa dari gender pria maupun wanita. Untuk pasar anak-anak para developer game banyak mengeluarkan fitur-fitur lucu dengan warna menarik dalam game-nya dengan jalan cerita dan plot yang mudah dimengerti oleh anak-anak. Untuk pasar remaja, developer game mengeluarkan fitur-fitur yang sedang trend  dikalangan remaja dari musik, model character hingga                 plot game tersebut. Dan yang terakhir untuk pasar dewasa developer game banyak mengeluarkan game-game dari permainan yang lazim dimainkan oleh umur-an dewasa seperti permainan kartu atau sepak bola.
                Game online banyak berdampak bagi tumbuh kembang atau sosialisasi masyarakat Indonesia. Baik dari segi positif atau negatif. Sebagai contoh sisi positif sebuah game online adalah dengan adanya pemain yang lebih dari satu orang membuat  kehidupan di dalam game bisa lebih real/nyata karena kita dapat ber-interaksi sesama pemain dan terkadang para gamers juga bertemu di dunia nyata untuk menjalin rasa pertemanan atau ke rasa percintaan. Banyak teman-teman saya yang bertambah teman dari game dan ada juga yang sampai menjalin percintaan dari temannya di game online. Adapun dampak negatif –nya yaitu banyak gamers yang lupa waktu karena keranjingan bermain game online hingga pekerjaan atau kewajibannya di dunia nyata terbengkalai. Namun semua itu dapat dicegah dengan adanya bimbingan orang tua untuk gamers usia anak-anak dalam menjaga waktu bermainnya dan juga ajakan-ajakan dari kita-kita sesame gamers untuk menjaga rekan kita para gamers agar tidak terlalu mendewakan sebuah game hingga lupa waktu.

“Work Hard, Play Hard and Pray Harder  - darkastroboy”

KERANGKA KARANGAN
Topik : Game Online              
Tema : Game online dan Masyarakat Indonesia
1. Pengantar tentang game online

1.1 Pengertian Game Online
1.2 Klasifikasi Game Online


1.2.1 Action
1.2.2 Hack and Slash
1.2.3 Fighting Game
1.2.4 Maze Game
1.2.5 First-Person Shooter
1.2.6 MMOFPS
1.2.7 Action-Adventure

1.3 Ciri-ciri Game Online
2. Perkembangan Game Online

2.1 di Dunia
2.2 di Indonesia
3. Peminat Game Online di Masyarakat Indonesia

3.1 Usia Dewasa
3.2 Usia Remaja
3.3 Usia Anak-anak
4. Game Online terhadapa Masyarakat Indonesia

4.1 Keuntungan Game Online terhadap Masyarakat Indonesia
4.2 Kerugian Game Online terhadap Masyarakat Indonesia
4.3 Masalah yang di hadapi Masyarakat Indonesia terhadap adanya Game Online


SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post