TUGAS 3 PENGANTAR TELEMATIKA UNIVERSITAS GUNADARMA


TUGAS 3 PENGANTAR TELEMATIKA

NAMA : CAROLUS MS JOSEPH
KELAS : 4KA22
NPM : 11110521

Pertanyaan :
  1. Jelaskan salah satu metode yang digunakan untuk mengamankan layanan telematika!
  2.  Jelaskan menurut pendapat masing-masing tentang salah satu contoh kasus yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari mengenai gangguan yang muncul dalam mengakses layanan telematika!
  3. Apa perbedaan metode pengamanan layanan telematika antara perangkat yang menggunakan kabel dengan perangkat wireless?


Jawab :

1. Metode yang digunakan untuk mengamankan layanan telematika pada dasarnya ada dua yaitu autentifikasi dan kriptografi.
·        
 Autentifikasi adalah proses pengenalan peralatan, sistem operasi, kegiatan, aplikasi dan identitas user yang terhubung dengan jaringan computer. Autentikasi dimulai pada saat user login ke jaringan dengan cara memasukkan username dan  password. Setiap user harus login ke server sebelum bisa memanfaatkan sumber daya yang terhubung ke server. Server lalu mengautentifikasi user dan memverifikasi bahwa user tersebut memiliki izin untuk login ke jaringan, dengan memeriksa username dan password user tersebut terhadap database pada server.

Tahapan Autentikasi:
  • Autentikasi untuk mengetahui lokasi dari peralatan pada suatu simpul jaringan (data link layer dan network layer)
  •  Autentikasi untuk mengenal sistem operasi yang terhubung ke jaringan (transport layer)
  •  Autentikasi untuk mengetahui fungsi/proses yang sedang terjadi di suatu simpul jaringan (session dan presentation layer)
  •  Autentikasi untuk mengenali user dan aplikasi yang digunakan (application layer)

Contohnya : Pada penggunaan email, facebook dan lain-lain dimana seorang user dalam pengaksesan email atau account-nya harus memasukan username dan password terlebih dahulu.

·          Kriptografi adalah suatu ilmu ataupun seni mengamankan pesan ( berhubungan dengan pengiriman data, enkripsi data ), yang dilakukan oleh cryptographer. Enkripsi adalah tehnik pengkodean data yang berguna untuk menjaga data atau file di dalam komputer maupun pada jalur komunikasi dari pemakai yang tidak di kehendaki. Kriptografi digunakan untuk mencegah orang yang tidak berhak untuk memasuki komunikasi, sehingga kerahasiaan data dapat dilindungi. Secara garis besar, kriptografi digunakan untuk mengirim dan menerima pesan. Kriptografi pada dasarnya berpatokan pada key yang secara selektif telah disebar pada komputer - komputer yang berada dalam satu jaringan dan digunakan untuk memproses suatu pesan.

Kriptografi dapat memenuhi kebutuhan umum suatu transaksi:
  • Kerahasiaan (confidentiality) dijamin dengan melakukan enkripsi (penyandian).
  • Keutuhan (integrity) atas data-data pembayaran dilakukan dengan fungsi hash satu arah.
  • Jaminan atas identitas dan keabsahan (authenticity) pihak-pihak yang melakukan transaksi dilakukan dengan menggunakan password atau sertifikat digital. Sedangkan keotentikan data transaksi dapat dilakukan dengan tanda tangan digital.
  • Transaksi dapat dijadikan barang bukti yang tidak bisa disangkal (non-repudiation) dengan memanfaatkan tanda tangan digital dan sertifikat digital.

2. Salah satu contoh kasus yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari mengenai gangguan yang muncul dalam mengakses layanan telematika.

Pada saat akses internet, menggunakan telepon, TV, Radio dst, terkadang sering terjadi gangguan suara dan gambar yang tidak jelas yang biasa disebabkan oleh tidak ada sinyal atau lemahnya sinyal karena cuaca buruk misalnya hujan atau tidak terjangkaunya sinyal BTS, gangguan yang disebabkan interferensi frekuensi pada saat mendengarkan radio. Akses internet pada malam hari biasanya lebih cepat dari pada di siang hari karena berkurangnya pengguna internet pada malam hari, ketika mengakses sebuah website terkadang servernya tidak bisa diakses karena banyaknya yang mengakses website tersebut, sehingga menyebabkan server down.

Contoh gangguan lain layanan telematika :
  • Noise adalah suatu sinyal gangguan yang bersifat akustik (suara), elektris, maupun elektronis yang hadir dalam suatu sistem (rangkaian listrik / elektronika) dalam bentuk gangguan yang bukan merupakan sinyal yang diinginkan.
  • Flooding adalah teknologi informasi yang mengacu kepada salah satu jenis serangan Denial-of-service yang menggunakan paket-paket SYN. Denial of Service (DoS) merupakan serangan dimana suatu pihak mengekploitasi aspek dari suite Internet Protocol untuk menghalangi akses pihak yang berhak atas informasi atau sistem yang diserang.
  • Virus adalah sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer. Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri.
  • Sniffer adalah sebuah device penyadapan komunikasi jaringan komputer dengan memanfaatkan mode premicious pada ethernet.

3. Perbedaan metode pengamanan layanan telematika antara perangkat yang menggunakan kabel dengan perangkat wireless.


Perbedaan sangat signifikan sangat terlihat dalam kabel dan nirkabel (wireless), segi keamanan pun sangat menjadi pertanyaa di dalam metode pengamanan. Jika melihat dari keamaan penggunanaan kabel sangatlah aman karena kemungkin untuk penyadapan menjadi minim karena menggunakan rute yang jelas, namun karena keterbatasaannya (kabel) dengan dunia konsumen infomasi yang luas (dalam dunia nyata)  maka tidak kegunaan kabel diindahkan dari segi keamanan dan beralih ke nirkabel dengan menggunakan berbagai segi keamanan seperti firewall, enskripsi data, dll.

TUGAS 3 PENGANTAR TELEMATIKA PTA 2013/2014 Kelas  4KA10,  4KA22 dan 4KA23

SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post
Anonymous
February 23, 2014 at 10:45 AM

itu konversi mata kuliah apa ya?saya boleh tahu? untuk jurusan IT?tq

Reply
avatar
March 14, 2014 at 9:33 AM

iya gan, ini untuk pengatan telematika, softskill. jurusan saya SI

Reply
avatar