[WEB] Cara menentukan atau cari tau resolusi mobile atau desktop

 
source : pixabay

 


Halo sudah lama ga blogging,

Kali ini gw mau share cara cari tau berbagai hal yang berhubungan dengan resolusi layar (stage) yang digunakan sebagai media kita (programmer) atau khususnya front end developer untuk mencari tau screen size, dpi, ppi, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan itu.

Contoh yang bisa di lihat :
stage width
stage height
stage diagonal length
stage dots per pixel
stage pixel per inch
stage diagonal length
stage size
stage orientation


Oke pada awalnya gw bergelut bersama temen gw yang digital designer.
mendebatkan resolusi image yang harus dia provide di project terbaru gw berapa aja. NAH LOH ! gw bingung, biasanya designer kantor gw cuma provide 1 image aja, nanti tinggal gw set 100% untuk ikutin container gw, dan temen gw biasa provide beberapa resolusi untuk 1 image. Nah tambah bingung deh gw.
Oh iya gw biasa make css framework bootstrap. Dari debat gw dengan temen gw akhirnya dapat satu kesimpulan bahwa Layout dengan Resolusi berbeda !! SANGAT BEDA !!
Kalau layout kan biasanya yang biasa pake 12 grid, tau nya cuma xs, sm, md, lg (bootstrap class grid) nah kalo resolusi kan bisa beda tuh, misalkan di macbook. Ukuran layar mungkin sama, tapi kan resolusinya bisa beda karena dia pakai retina display, Begitupun iphone,dll.

Nah akhirnya ketemulah https://github.com/rse/jquery-stage ,dengan adanya plugin ini kita bisa detect berbagai hal di atas menggunakan jquery.

Oke selamat meng-explore teman2.



SHARE THIS

Author:

Latest
Next Post