ARTIKEL
|
|||
CAROLUS MS JOSEPH
|
11110521
|
3KA22
|
|
Tugas : Bahasa Indonesia 1 (softskill)
|
Dosen
: TRI WAHYU RETNO NINGSIH, SS
|
||
Game online dan Masyarakat Indonesia
Permainan komputer atau lebih akrab disebut GAME oleh masyarakat Indonesia adalah
sebuah permain video (video game)
yang membutuhkan platform berupa komputer untuk memainkan permainan tersebut. Banyak
sekali jenis atau genre dalam permainan video game, kali ini saya akan mengutip jenis video game yang dibagi menjadi 7 jenis dari blog dreadmoney, yaitu :
1)
|
Action
|
|
Sebuah game
action membutuhkan pemain dengan kecepatan reflex, akurasi, dan ketepatan
waktu untuk menghadapi sebuah rintangan. Ini adalah dasar dari kebanyakan
sebuah jenis game, dan salah satu
yang dibutuhkan oleh pemain. Game
action biasanya mempunyai gameplay
yang berhubungan dengan pertarungan. Banyak sekali sub jenis dari game action, contohnya fighting games
dan first-person shooters.
|
||
2)
|
Hack and Slash
|
|
Game
Beat 'em up dan hack and slash mempunyai ciri pertarungan jarak dekat antara
satu dengan banyak musuh. Jenis game
ini menjadi populer pada tahun 1987 dengan di rilisnya Double Dragon, yang
disusul oleh banyak game yang mirip
dengan game tersebut.
|
||
3)
|
Fighting Game
|
|
Game
fighting biasanya mempunyai ciri pertarungan satu lawan satu antara dua karakter,
yang dimana salah satu dari karakter di kendalikan oleh komputer. Salah satu
contoh game fighting adalah Street
Fighter II.
|
||
4)
|
Maze Game
|
|
Game
Maze biasanya mempunyai tempat bermain yang berisikan maze atau teka-teki,
yang dimana pemain harus menggerakan/menavigasikan. Salah satu game maze yang paling terkenal adalah
Pac-Man.
|
||
5)
|
First-Person Shooter
|
|
Game
First-Person Shooter, yang biasanya dikenal dengan sebutan FPS menekankan
pemotretan dan tempur dari perspektif karakter yang dikendalikan oleh pemain.
Perspektif ini dimaksudkan untuk memberikan pemain perasaan "berada di
sana", dan memungkinkan pemain untuk fokus pada bidikan. Contoh game seperti ini antara lain Team
Fortress, Halo, Killzone, Metroid Prime, Unreal Tournament, Call of Duty,
TimeSplitters, masih banyak lagi.
|
||
6)
|
MMOFPS
|
|
Game
massively multiplayer online first
person shooter (MMOFPS) adalah jenis dari game
massively multiplayer online yang
menggabungkan game first person
shooter dengan dunia maya di mana sejumlah besar pemain dapat berinteraksi
melalui internet. Sedangkan game
FPS standar membatasi jumlah pemain untuk mampu bermain dalam pertandingan
multiplayer. ratusan pemain dapat bertempur satu sama lain pada server yang
sama dalam sebuah MMOFPS.
|
||
7)
|
Action-Adventure
|
|
Game
action-adventure menggabungkan unsur-unsur jenis komponen antara game action dan game adventure, biasanya menampilkan rintangan yang berjangka
panjang yang harus diatasi menggunakan alat atau item sebagai alat bantu
dalam mengatasi rintangan, serta rintangan yang lebih kecil yang hampir
terus-menerus ada. Game
action-adventure pertama adalah game
Adventure (1979) dari Atari 2600.
|
||
http://vandredi-blog.blogspot.com/2012/07/jenis-jenis-game.html
|
Jenis-jenis game di atas banyak sekali yang sudah
beralih dari offline gaming menjadi online
gaming. Online gaming atau Game online
adalah game yang membutuhkan koneksi
internet untuk menjalankan kinerja game
tersebut. Bagaimanakah perkembangan game online
di masyarakat luas ? hal ini akan kita bahas di paragraf selanjutnya.
Di paragraf ini
saya akan membahas tentang perkembangan game
online di masyarakat dunia dan
khususnya di Indonesia. Bagi kalian semua yang membaca artikel ini pasti sudah
tidak lazim lagi tentang apa sih itu game
online ? bagaimana cara memainkannya
? atau di mana kita bisa mendapatkan game
online tersebut, oleh karena itu saya
tidak akan membahas tentang hal-hal tersebut tapi saya akan membahas dengan
perkembangan bagaimana hingga bisa masuk ke Indonesia. Berawal dari tahun 1950-an
di Amerika berkembang hingga ke Jepang dan Eropa hingga pada tahun 1971
munculah perusahaan komersial pertama yang mengembangkan konsol permainan video
game yaitu Computer Space. Di sinilah
awal mula berkembangnya perusahaan-perusahaan video game hingga akhirnya tinggal beberapa perusahaan-perusahaan saja
yang bertahan seperti Sony, Microsoft dan berapa lainnya yang sudah akrab
terdengar di telinga masyarakat Indonesia.
Dari video game yang hanya bisa digunakan secara
pribadi atau bisa digunakan 2-4 orang saja secara bersamaan, mulailah
bermunculan ide-ide bagaimana caranya untuk memainkan video game bersamaan untuk lebih dari satu
orang dengan tempat yang berbeda. Dari masalah yang muncul inilah berkembang Game Online,
di mana kita dapat memainkan sebuah game
yang dapat dimainkan secara bersama lebih dari satu orang dengan tempat yang
berbeda dengan bantuan koneksi internet. Karena banyaknya peminat dari berbagai
kalangan di Indonesia maka hukum permintaan dalam ekonomi pun berlaku banyak
perusahaan-perusahaan pengembang game
bermunculan di Indonesia. Mulai dari perusahaan rumahan (software house) sampai
ke tingkat perusahan besar seperti PlayOn, IndoGamers, LYTO, Gemscool dan lain-lain mulai berkompetisi merebut
hati para pecinta game (gamers) tanah air.
Pasar game online
di Indonesia membidik berbagai kalangan umur, dari dewasa hingga anak-anak. Banyak
khalayak yang berpikir kalau game
hanya disukai anak-anak, namun pendapat ini salah. Tanpa disadari game mulai memasuki hati para gamers dewasa dari gender pria maupun
wanita. Untuk pasar anak-anak para developer
game banyak mengeluarkan fitur-fitur
lucu dengan warna menarik dalam game-nya
dengan jalan cerita dan plot yang mudah dimengerti oleh anak-anak. Untuk pasar
remaja, developer game mengeluarkan fitur-fitur yang
sedang trend dikalangan remaja dari musik,
model character hingga plot
game tersebut. Dan yang terakhir
untuk pasar dewasa developer game banyak mengeluarkan game-game
dari permainan yang lazim dimainkan oleh umur-an dewasa seperti permainan kartu
atau sepak bola.
Game online
banyak berdampak bagi tumbuh kembang atau sosialisasi masyarakat Indonesia. Baik
dari segi positif atau negatif. Sebagai contoh sisi positif sebuah game online
adalah dengan adanya pemain yang lebih dari satu orang membuat kehidupan di dalam game bisa lebih real/nyata karena kita dapat ber-interaksi sesama pemain
dan terkadang para gamers juga
bertemu di dunia nyata untuk menjalin rasa pertemanan atau ke rasa percintaan. Banyak
teman-teman saya yang bertambah teman dari game
dan ada juga yang sampai menjalin percintaan dari temannya di game online.
Adapun dampak negatif –nya yaitu banyak gamers
yang lupa waktu karena keranjingan bermain game
online hingga pekerjaan atau
kewajibannya di dunia nyata terbengkalai. Namun semua itu dapat dicegah dengan
adanya bimbingan orang tua untuk gamers
usia anak-anak dalam menjaga waktu bermainnya dan juga ajakan-ajakan dari
kita-kita sesame gamers untuk menjaga
rekan kita para gamers agar tidak
terlalu mendewakan sebuah game hingga
lupa waktu.
“Work Hard, Play Hard and Pray Harder - darkastroboy”
|
KERANGKA KARANGAN
|
||
Topik : Game
Online
|
||
Tema : Game online dan Masyarakat Indonesia
|
||
1. Pengantar tentang game online
|
||
1.1 Pengertian Game Online
1.2 Klasifikasi Game Online
|
||
1.2.1 Action
1.2.2 Hack and Slash
1.2.3 Fighting Game
1.2.4 Maze Game
1.2.5 First-Person Shooter
1.2.6 MMOFPS
1.2.7 Action-Adventure
|
||
1.3 Ciri-ciri Game Online
|
||
2. Perkembangan Game Online
|
||
2.1 di Dunia
2.2 di Indonesia
|
||
3. Peminat Game
Online di Masyarakat Indonesia
|
||
3.1 Usia Dewasa
3.2 Usia Remaja
3.3 Usia Anak-anak
|
||
4. Game Online terhadapa Masyarakat Indonesia
|
||
4.1 Keuntungan Game Online terhadap Masyarakat Indonesia
4.2 Kerugian Game Online terhadap Masyarakat Indonesia
4.3 Masalah yang di hadapi Masyarakat Indonesia terhadap adanya Game Online
|