Bab 2 - Penentuan Harga Permintaan & Penawaran
Pengertian Permintaan & Penawaran
Permintaan adalah :
Jumlah barang dan jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu.
Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan adalah :
Permintaan adalah :
Jumlah barang dan jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu.
Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan adalah :
- Harga barang itu sendiri
- Harga barang lain yang berkaitan
- Tingkat pendapatan
- Selera konsumen
- Ekspektasi / perkiraan
Penawaran adalah :
Jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu.
Beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran adalah :
- Harga barang itu sendiri
- Harga sumber produksi
- Tingkat produksi
- Ekspektasi / perkiraan
Teori
penawaran dan permintaan dalam ilmu ekonomi menggambarkan
hubungan-hubungan di pasar, antara para calon pembeli dan penjual dari
satu barang. Model penawaran dan permintaan digunakan untuk menentukan
harga dan kuantitas barang yang terjual di pasar. Model ini sangat
penting untuk melakukan analisis ekonomi mikro terhadap perilaku serta
interaksi para pembeli dan penjual. Model ini memperkirakan bahwa dalam
suatu pasar yang kompetitif, harga akan berfungsi sebagai penyeimbang
antara kuantitas yang diminta oleh konsumen dan kuantitas yang
ditawarkan oleh produsen, sehingga terciptalah keseimbangan ekonomi
antara harga dan kuantitas.
Hukum Permintaan & Penawaran
Hukum Permintaan :
Apabila
harga naik, maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan,
dan apabila harga turun, maka jumlah barang yang diminta akan mengalami
kenaikan.
Dalam Hukum
Permintaan jumlah barang yang akan diminta akan berbanding terbalik
dengan tingkat harga barang. Kenaikan harga barang akan menyebabkan
berkurangnya jumlah barang yang diminta. Hal ini dikarenakan naiknya
harga menyebabkan turunnya daya beli konsumen dan akan mengakibatkan
berkurangnya jumlah permintaan. Naiknya harga barang akan menyebabkan
konsumen mencari barang pengganti yang harganya lebih murah.
Hukum Penawaran :
Bila
tingkat harga mengalami kenaikan, maka jumlah barang yang ditawarkan
akan naik, dan bila tingkat harga turun, maka jumlah barang yang
ditawarkan akan turun.
Dalam
Hukum Penawaran jumlah barang yang akan ditawarkan berbanding lurus
dengan tingkat harga. Hukum Penawaran hanya menunjukkan hubungan searah
antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga.
Kurva Permintaan & Penawaran
Kurva Permintaan :
Kurva yang menunjukkan hubungan berbagai jumlah barang dan jasa yang dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga.
Kurva ini akan menghubungkan titik-titik koordinat pada sumbu harga (sumbu Y) dengan sumbu jumlah barang (sumbu X).
Kurva Penawaran :
Kurva yang menunjukkan berbagai jumlah barang dan jasa yang ditawarkan oleh produsen pada berbagai tingkat harga.
Kurva ini akan menghubungkan titik-titik koordinat pada sumbu harga (sumbu Y) dengan sumbu jumlah barang (sumbu X).
Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan & Penawaran
Faktor - faktor yang mempengaruhi permintaan diantaranya :
a. Selera
Apabila selera konsumen terhadap suatu barang dan jasa tinggi, maka
akan diikuti dengan peningkatan jumlah barang dan jasa yang diminta.
Sebaliknya, apabila selera konsumen terhadap suatu barang dan jasa
rendah, maka akan diikuti dengan penurunan permintaan jumlah barang dan
jasa.
b. Pendapatan Konsumen
Semakin tinggi pendapatan konsumen akan diikuti dengan peningkatan
daya beli konsumen, sehingga kuat dan mampu membeli barang dan jasa
dalam jumlah yang besar. Sebaliknya, semakin rendah pendapatan konsumen
akan diikuti dengan penurunan daya beli konsumen.
c. Harga Barang / Jasa Pengganti
Konsumen akan cenderung mencari barang atau jasa yang harganya
relatif lebih murah untuk dijadikan alternatif penggunaan. Contohnya :
bila harga pesawat Jakarta - Surabaya sama harganya dengan tiket kereta
api, maka konsumen cenderung akan memilih pesawat sebagai alat
transportasi.
d. Harga Barang / Jasa Pelengkap
Keduanya merupakan kombinasi barang yang sifatnya saling
melengkapi. Contoh : kompor dengan minyak tanah, karena harga minyak
tanah mengalami kenaikan, maka orang beralih menggunakan kompor gas.
e. Perkiraan Harga Di Masa Yang Akan Datang
Apabila konsumen menduga harga barang akan terus mengalami kenaikan
di masa yang akan datang, maka konsumen cenderung untuk menambah
jumlah barang yang dibelinya.
f. Intensitas Kebutuhan Konsumen
Bila suatu barang atau jasa sangat dibutuhkan secara mendesak dan
dirasakan pokoknya oleh konsumen, maka jumlah permintaan akan mengalami
peningkatan.
Faktor - faktor yang mempengaruhi penawaran diantaranya :
a. Biaya Produksi
Harga bahan baku yang mahal akan mengakibatkan tingginya biaya
produksi dan menyebabkan produsen menawarkan barang dalam jumlah
terbatas. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerugian karena takut
barang tidak laku.
b. Teknologi
Adanya kemajuan teknologi akan menyebabkan pengurangan terhadap
biaya produksi, dan produsen dapat menawarkan barang dalam jumlah yang
lebih besar lagi. Apabila harga barang mengalami kenaikan, maka
produsen akan memproduksi lebih banyak lagi karena berasumsi bahwa
konsumen akan beralih ke barang pengganti karena harganya lebih murah.
c. Pajak
Semakin tinggi tarif pajak yang dikenakan akan mengakibatkan
naiknya harga barang dan jasa. Hal ini akan berdampak pada permintaan
konsumen, sehingga jumlah permintaan konsumen akan menurun dan
berkurangnya jumlah barang yang ditawarkan.
d. Perkiraan Harga Barang Di Masa Yang Akan Datang
Apabila kondisi pendapatan masyarakat meningkat, biaya produksi
berkurang dan harga barang dan jasa naik, maka produsen bisa menambahkan
jumlah barang dan jasa yang akan ditawarkan. Tetapi bila pendapatan
masyarakat tetap, biaya produksi meningkat dan harga barang dan jasa
naik, maka produsen cenderung mengurangi jumlah barang dan jasa yang
akan ditawarkan.
e. Tujuan Dari Perusahaan
Bila perusahaan berorientasi untuk dapat menguasai pasar, maka dia
harus mampu menekan harga terhadap barang dan jasa yang ditawarkan,
sehingga keuntungan yang diperoleh kecil. Bila orientasinya pada
keuntungan yang besar, maka perusahaan menetapkan harga yang tinggi
terhadap barang dan jasa yang ditawarkan.
f. Harga Barang Itu Sendiri
Apabila harga barang yang ditawarkan mengalami kenaikan, maka jumlah
barang yang akan ditawarkan juga akan meningkat. Sebaliknya, jika
harga barang yang ditawarkan turun, maka jumlah barang yang akan
ditawarkan oleh penjual juga akan turun.
g. Harga Barang Pengganti (Substitusi)
Apabila harga barang pengganti meningkat, maka penjual akan
meningkatkan jumlah barang yang ditawarkan. Penjual biasanya berharap
konsumen akan beralih dari barang pengganti ke barang yang ditawarkan,
karena harganya lebih rendah.
h. Jumlah Penduduk
Pertambahan penduduk akan mempengaruhi jumlah barang yang diminta.
Jika jumlah penduduk dalam suatu wilayah bertambah banyak, maka
permintaan terhadap jumlah barang akan meningkat.
Penentuan Harga Keseimbangan
Harga Keseimbangan (Harga Ekuilibrium) :
Harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran.
Terbentuknya
harga dan kuantitas keseimbangan di pasar, merupakan hasil kesepakatan
antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen), dimana kuantitas
yang diminta dan ditawarkan sama besarnya. Jika keseimbangan ini telah
tercapai, biasanya titik keseimbangan ini akan bertahan lama, dan
menjadi patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan harga,
sehingga terjadi transaksi antara pembeli dan penjual.
Sumber : Wikipedia, agnezkembaren.blogspot.com